Rabu, 17 Agustus 2016

Pengemasan Hasil Kerja Proyek



Pengemasan Hasil Kerja Proyek



Target pasar adalah sekelompok pembeli yang mempunyai sifat-sifat yang sama yang membuat pasar itu berdiri sendiri. Adanya sekelompok orang dengan ciri-ciri yang sama belumlah berarti mereka membentuk pasar sasaran. Hanya bila mereka mempunyai ciri-ciri yang sama sebagai pembeli, maka barulah berarti mereka membentuk suatu pasar sasaran (Situmorang, 2008). (Target pasar atau segmen pasar yang dituju, 2014)
Langkah untuk menentukan target pasar
Dalam menentukan target pasar, adapun langkah – langkah yang perlu ditempuh sebelumnya, yakni :

1.      Menilai laba potensial dari berbagai segmen pasar. Suatu perusahaan harus dapat memperkirakan bersarnya penjualan, yang dapat dicapai dan biaya yang timbul dalam pemasaran produk untuk segmen pasar tersebut.

2.      Menganalisis kesempatan yang diperoleh perusahaan dalam segmen pasar tersebut, dan kemampuan perusahaan dalam melayaninya.


3.      Mengkaji kemungkinan berhasilnya perusahaan dalam menguasai serta mencapai target psar dari segmen pasar tersebut. Hal ini dilakukan melalui penilaian strategi pemasaran yang dijalankan. (Pelaksanaan Strategi Target Pasar )

Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari manusia dalam bekerja. Ergonomi adalah tentang fitrahnya manusia bekerja. Ergonomi mempunyai prinsip fit the job to the man / the worker, not ther other way around. Ergonomi mengenali kemampuan dan ketidakmampuan manusia dalam bekerja, sehingga dapat dirancang sistem kerja yang sesuai dengan manusia atau pekerjanya. Oleh karena itu prinsip-prinsip ergonomi banyak diterapkan dalam perancangan sistem kerja. Ada dua pendekatan pada perancangan sistem kerja yakni all of equal importance dan human centered design:
1.      All of Equal Importance (AEI)
Pendekatan AEI yang murni adalah manusia dan pekerjaan sama-sama “diubah-ubah” sampai suatu kondisi dimana keduanya “sesuai” atau “fit”. (Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja)

Unsur Ergonomis
Pengertian unsur ergonomis pada produk kerajinan aspek fungsi menepati porsi utama atau karya kerajinan selalu dikaitkan dengan aspek fungsi atau kegunaan. Maka karya kerajinan harus mempunyai nilai ergonomis.  Adapun unsur ergonomis karya kerajinan adalah sebagai berikut :
  1. Keamanan (security) adalah jaminan tentang keamanan orang menggunakan produk kerajinan tersebut. Setiap produk kerajinan tidak semuanya aman digunakan. Maka dari itu sebelum kita membeli suatu kerajinan kita harus memilih-milih produk kerajinan yang aman dan efisien untuk digunakan, serta kerajinan tersebut tidak gampang rusak.
  2. Kenyamanan (comfortable) adalah kenyamanan apabila produk kerajinan tersebut digunakan. Barang yang enak digunakan disebut barang terap. Produk kerajinan terapan adalah produk kerajinan yang memiliki nilai praktis yang tinggi.
  3. Keluwesan (flexibility) adalah keluwesan penggunaan. Produk kerajinan adalah produk terap atau pakai, yaitu produk kerajinan yang wujudnya sesuai dengan kegunaan atau terapannya. Produk kerajinan terap atau pakai dipersyaratkan memberi kemudahan dan keluwesan penggunaan agar pemakai tidak mengalami kesulitan dalam penggunaanya. (manyun, 2007)

Anda tinggal memilih, mana yang akan dijadikan pembeda atau merumuskan ciri khas hasil kerja dan sekuat tenaga menjaga dan mengomunikasikan pembeda tersebut pada calon konsumen.
1. Performa
Tingkat kedigdayaan produk dalam melakukan tugas utamanya. Misalnya, sabun cuci piring Sunlight menekankan kemampuannya membersihkan kotoran, noda, dan lemak dari perlengkapan makan dan dapur hanya beberapa tetes saja.
2. Keandalan
Lamanya produk bisa bekerja lancar hingga mencapai titik saat mulai timbul kerusakan atau gangguan. Electrolux, contohnya, sangat menekankan sisi tersebut dalam memosisikan produknya.
3. Tampilan
Banyak toko kue, seperti BreadTalk dan Holland Bakery, yang menyajikan roti dan kue tar dengan tampilan yang mengesankan.
4. Keawetan
Contohnya, pemanas air tenaga surya Wika menekankan, produknya dapat beroperasi dalam waktu lama dan bebas gangguan.
5. Fitur
Hal yang ditambahkan atau melekat pada suatu produk di luar tugas utamanya.
6. Kemutakhiran
Produk yang ditawarkan menampilkan kebaruan, atau lebih maju dari produk sejenis.
7. Desain
Mengutamakan desain yang tepat bagi pelanggan mereka. Kemeja Executive menekankan pada desain yang agak resmi dan konservatif. Sebaliknya Gap memilih desain yang kasual. (DennySu..., 2014)
   Syarat-syarat Kemasan yang Baik
A.      Sebagai tempat
                Syarat ini telah diketahui sehingga bukan merupakan persoalan lagi.misalnya kita menjual minuman maka sudah barang tertentu pembungkusanya adalah dari botol atau plastik dan bukan dari kertas tempa untuk minum.
B.      Dapat melindungi
Suatu barang sangat besar pengaruhnya terhadap penjuaalan,oleh karna itu perlu pembungkus yang dapat melindungi baik pada waktu masih di gudang,dalam pengankutan maupun pengendaraan di gudang. Bila kemasan mampu melindungi barang-barang tersebut maka kualitas bar ang-barang tersebut maka kualitas barang-barang akan lebih terjamin sehingga kelancaran penjual dapat di tingkatkan.
C.     Praktis
praktis di sini adalah mudah dibawa, mudah dibuka dan ditutup kembali dan ringan.
D.     Dapatmenimbulkankesan
biasanya pembungkus yang menrik otomatis bisa menimbulkan kesan. (PACKING YANG BAIK , 2013)
DOWNLOAD SOFT DIsini

DAFTAR PUSTAKA

PACKING YANG BAIK . (2013). Retrieved 2016, from http://kelompokpacing.blogspot.co.id/2013/05/packing-yang-baik-kemasan-yanng.html
Target pasar atau segmen pasar yang dituju. (2014). Retrieved 2016, from https://isepburhanudin1.wordpress.com/2014/04/06/target-pasar-atau-segmen-pasar-yang-dituju/
DennySu... (2014). Merumuskan Ciri Khas Produk. Retrieved 2016, from https://www.mindtalk.com/channel/wirausaha/post/merumuskan-ciri-khas-produk-513357722465341499.html
Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja. (n.d.). Retrieved 2016, from http://ergonomi-fit.blogspot.co.id/2011/09/ergonomi-dan-perancangan-sistem-kerja.html
manyun. (2007). Pengertian Unsur Estetika Dan Ergonomis . Retrieved 2016, from BAHAN BACAAN : http://www.bahanbacaan.com/2016/05/pengertian-unsur-estetika-dan-ergonomis.html
Pelaksanaan Strategi Target Pasar . (n.d.). Retrieved 2016, from http://www.kejuruan.click/2015/10/pelaksanaan-strategi-target-pasar.html



NAMA : ALIF REFI GANY
SEKOLAH : SMK ISLAM 01 BLITAR

0 komentar:

Posting Komentar