Pengemasan Hasil
Kerja Proyek
Target pasar
adalah sekelompok pembeli yang mempunyai sifat-sifat yang sama yang membuat
pasar itu berdiri sendiri. Adanya sekelompok orang dengan ciri-ciri yang sama
belumlah berarti mereka membentuk pasar sasaran. Hanya bila mereka mempunyai
ciri-ciri yang sama sebagai pembeli, maka barulah berarti mereka membentuk
suatu pasar sasaran (Situmorang, 2008). (Target pasar atau segmen pasar
yang dituju, 2014)
Langkah untuk menentukan target pasar
Dalam menentukan target pasar, adapun langkah – langkah yang
perlu ditempuh sebelumnya, yakni :
1.
Menilai
laba potensial dari berbagai segmen pasar. Suatu perusahaan harus dapat
memperkirakan bersarnya penjualan, yang dapat dicapai dan biaya yang timbul
dalam pemasaran produk untuk segmen pasar tersebut.
2.
Menganalisis
kesempatan yang diperoleh perusahaan dalam segmen pasar tersebut, dan kemampuan
perusahaan dalam melayaninya.
3.
Mengkaji
kemungkinan berhasilnya perusahaan dalam menguasai serta mencapai target psar
dari segmen pasar tersebut. Hal ini dilakukan melalui penilaian strategi
pemasaran yang dijalankan. (Pelaksanaan Strategi Target Pasar )
Ergonomi adalah
ilmu yang mempelajari manusia dalam bekerja. Ergonomi adalah tentang fitrahnya
manusia bekerja. Ergonomi mempunyai prinsip fit the job to the man / the
worker, not ther other way around. Ergonomi mengenali kemampuan dan
ketidakmampuan manusia dalam bekerja, sehingga dapat dirancang sistem kerja
yang sesuai dengan manusia atau pekerjanya. Oleh karena itu prinsip-prinsip
ergonomi banyak diterapkan dalam perancangan sistem kerja. Ada dua pendekatan
pada perancangan sistem kerja yakni all of equal importance dan human centered
design:
1.
All of Equal
Importance (AEI)
Pendekatan AEI yang murni adalah manusia dan
pekerjaan sama-sama “diubah-ubah” sampai suatu kondisi dimana keduanya “sesuai”
atau “fit”. (Ergonomi dan Perancangan Sistem
Kerja)
Unsur
Ergonomis
Pengertian
unsur ergonomis pada produk kerajinan aspek fungsi menepati porsi utama atau
karya kerajinan selalu dikaitkan dengan aspek fungsi atau kegunaan. Maka karya
kerajinan harus mempunyai nilai ergonomis. Adapun unsur ergonomis karya
kerajinan adalah sebagai berikut :
- Keamanan (security) adalah jaminan tentang keamanan orang menggunakan produk kerajinan tersebut. Setiap produk kerajinan tidak semuanya aman digunakan. Maka dari itu sebelum kita membeli suatu kerajinan kita harus memilih-milih produk kerajinan yang aman dan efisien untuk digunakan, serta kerajinan tersebut tidak gampang rusak.
- Kenyamanan (comfortable) adalah kenyamanan apabila produk kerajinan tersebut digunakan. Barang yang enak digunakan disebut barang terap. Produk kerajinan terapan adalah produk kerajinan yang memiliki nilai praktis yang tinggi.
- Keluwesan (flexibility) adalah keluwesan penggunaan. Produk kerajinan adalah produk terap atau pakai, yaitu produk kerajinan yang wujudnya sesuai dengan kegunaan atau terapannya. Produk kerajinan terap atau pakai dipersyaratkan memberi kemudahan dan keluwesan penggunaan agar pemakai tidak mengalami kesulitan dalam penggunaanya. (manyun, 2007)
Anda tinggal memilih, mana yang akan dijadikan pembeda atau merumuskan
ciri khas hasil kerja dan sekuat tenaga menjaga dan mengomunikasikan pembeda
tersebut pada calon konsumen.
1. Performa
Tingkat
kedigdayaan produk dalam melakukan tugas utamanya. Misalnya, sabun cuci piring
Sunlight menekankan kemampuannya membersihkan kotoran, noda, dan lemak dari
perlengkapan makan dan dapur hanya beberapa tetes saja.
2. Keandalan
Lamanya
produk bisa bekerja lancar hingga mencapai titik saat mulai timbul kerusakan
atau gangguan. Electrolux, contohnya, sangat menekankan sisi tersebut dalam
memosisikan produknya.
3. Tampilan
Banyak
toko kue, seperti BreadTalk dan Holland Bakery, yang menyajikan roti dan kue
tar dengan tampilan yang mengesankan.
4. Keawetan
Contohnya,
pemanas air tenaga surya Wika menekankan, produknya dapat beroperasi dalam
waktu lama dan bebas gangguan.
5. Fitur
Hal
yang ditambahkan atau melekat pada suatu produk di luar tugas utamanya.
6. Kemutakhiran
Produk
yang ditawarkan menampilkan kebaruan, atau lebih maju dari produk sejenis.
7. Desain
Mengutamakan
desain yang tepat bagi pelanggan mereka. Kemeja Executive menekankan pada
desain yang agak resmi dan konservatif. Sebaliknya Gap memilih desain yang
kasual. (DennySu..., 2014)
Syarat-syarat
Kemasan yang Baik
A.
Sebagai tempat
Syarat ini telah diketahui sehingga bukan merupakan persoalan lagi.misalnya
kita menjual minuman maka sudah barang tertentu pembungkusanya adalah dari
botol atau plastik dan bukan dari kertas tempa untuk minum.
B.
Dapat
melindungi
Suatu barang sangat besar pengaruhnya terhadap
penjuaalan,oleh karna itu perlu pembungkus yang dapat melindungi baik pada
waktu masih di gudang,dalam pengankutan maupun pengendaraan di gudang. Bila
kemasan mampu melindungi barang-barang tersebut maka kualitas bar ang-barang
tersebut maka kualitas barang-barang akan lebih terjamin sehingga kelancaran
penjual dapat di tingkatkan.
C. Praktis
praktis di sini adalah mudah dibawa, mudah dibuka dan ditutup kembali dan ringan.
praktis di sini adalah mudah dibawa, mudah dibuka dan ditutup kembali dan ringan.
D. Dapatmenimbulkankesan
biasanya pembungkus yang menrik otomatis bisa menimbulkan kesan. (PACKING YANG BAIK , 2013)
biasanya pembungkus yang menrik otomatis bisa menimbulkan kesan. (PACKING YANG BAIK , 2013)
DOWNLOAD SOFT DIsini
DAFTAR PUSTAKA
PACKING YANG BAIK . (2013). Retrieved 2016, from
http://kelompokpacing.blogspot.co.id/2013/05/packing-yang-baik-kemasan-yanng.html
Target pasar atau segmen pasar yang dituju. (2014). Retrieved 2016, from
https://isepburhanudin1.wordpress.com/2014/04/06/target-pasar-atau-segmen-pasar-yang-dituju/
DennySu... (2014). Merumuskan Ciri Khas Produk.
Retrieved 2016, from
https://www.mindtalk.com/channel/wirausaha/post/merumuskan-ciri-khas-produk-513357722465341499.html
Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja. (n.d.). Retrieved 2016, from
http://ergonomi-fit.blogspot.co.id/2011/09/ergonomi-dan-perancangan-sistem-kerja.html
manyun. (2007). Pengertian Unsur Estetika Dan
Ergonomis . Retrieved 2016, from BAHAN BACAAN :
http://www.bahanbacaan.com/2016/05/pengertian-unsur-estetika-dan-ergonomis.html
Pelaksanaan Strategi Target Pasar . (n.d.). Retrieved 2016, from
http://www.kejuruan.click/2015/10/pelaksanaan-strategi-target-pasar.html
NAMA
: ALIF REFI GANY
SEKOLAH
: SMK ISLAM 01 BLITAR
0 komentar:
Posting Komentar