Prinsip Pembuatan Buku panduan
• Prinsip relevansi.
secara internal bahwa kurikulum
memiliki relevansi di antara komponen-komponen kurikulum (tujuan, bahan,
strategi, organisasi dan evaluasi). Sedangkan secara eksternal bahwa
komponen-komponen tersebutmemiliki relevansi dengan tuntutan ilmu pengetahuan
dan teknologi (relevansi epistomologis), tuntutan dan potensi peserta didik
(relevansi psikologis) serta tuntutan dan kebutuhan perkembangan masyarakat
(relevansi sosilogis). (Sudrajat, 2008) (PRINSIP,
MODEL, dan TAHAP PENGEMBANGAN KURIKULUM)
• Prinsip konsistensi
konsistensi penerapan prinsip akuntansi yang
digunakan kliennya dalam penyusunanlaporan
keuangan pada periode
akuntansi yang
bersangkutan. (16ht) (16ht1)
• Prinsip kecukupan
Kecukupan: memadai keluasannya, ketercukupannya;
Artinya bahan
ajar yang dipilih/ dikembangkan ada jaminan memadai/ mencukupi untuk mencapai
kompetensi yang dibelajarkan; tidak terlalu sedikit sehingga kurang menjamin
tercapainya KD/SK. Materi tidak boleh terlalu sedikit, dan tidak boleh terlalu
banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai SK dan KD.
Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak
perlu untuk mempelajarinya. (PRINSIP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR,
2012)
DAFTAR PUSTAKA
(n.d.). Retrieved 2016, from
http://www.materiakuntansi.com/pengertian-prinsip-konsistensi-dalam-akuntansi/
(n.d.).
Retrieved 2016, from https://id.wikipedia.org/wiki/Konsistensi
PRINSIP
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR. (2012). Retrieved
2016, from
http://maulanikmatul.blogspot.co.id/2012/03/prinsip-pengembangan-bahan-ajar.html
PRINSIP,
MODEL, dan TAHAP PENGEMBANGAN KURIKULUM. (n.d.). Retrieved 2016, from
http://pmat.uad.ac.id/prinsip-model-dan-tahap-pengembangan-kurikulum
Sudrajat,
A. (2008). Prinsip Pengembangan Kurikulum. Retrieved 2016
NAMA
: ALIF REFI GANY
SEKOLAH
: SMK ISLAM 01 BLITAR
0 komentar:
Posting Komentar